Tuesday, October 7, 2014

Cara Menggunakan Pen Tool pada Photoshop

Tutorial Desain Ilmu Grafis Cara Menggunakan Pen Tool pada Photoshop = kemampuan dasar adobe photoshop yg harus dimiliki guna menggambar or edit foto Photoshop. Karya seni seperti membuat kartun dengan photoshop membutuhkan teknik dasar Pen Tool untuk bisa membuatnya. Pen Tool juga bermanfaat ketika kita akan membuat karya yang membutuhkan garis-garis atau ketika ingin membuat seleksi. Disini akan saya berikan tutorial sederhana dalam menggunakan Pen Tool.

Bagian-bagian Pen Tool

Sebelum memulai pilih Pen Tool yang terletak pada menu vertikal sebelah kiri jendela Photoshop dan perhatikan bagian-bagian Pen tool berikut. Setiap bagian yang perlu akan saya beri penjelasan mengenai fungsinya masing-masing.
Cara Menggunakan Pen Tool pada Photoshop

Opsi untuk Pen Tool

Tedapat tiga pilihan yang terdapat dalam kotak. Pilihan yang berfungsi ketika menggunakan Pen Tool hanyalah bagian pertama dan kedua saja, sedangkan bagian ketiga hanya berfungsi ketika menggunakan Rectangle Tool atau sejenisnya.
  1. Shape Layers
    Dengan memilih Shape Layers maka setiap titik yang kita buat akan dihubungkan membentuk sebuah bidang (shape). Jika antara garis path dan garis yang menghubungkan titik pertama dan terakhir membentuk sebuah area, maka secara otomatis area tersebut akan terpenuhi dengan warna foreground. Cara Menggunakan Pen Tool pada Photoshop
  2. Paths
    Pada opsi Paths setiap titik yang dihubungkan akan membentuk path dan tidak membentuk bidang secara langsung. Opsi inilah yang sering digunakan untuk membuat garis-garis vektor. Dalam tutorial ini opsi inilah yang paling banyak akan kita bahas. Cara Menggunakan Pen Tool pada Photoshop
  3. Rubber Band
    Mengaktifkan Rubber Band akan sangat membantu karena akan menunjukkan bagaimana bentuk shape selanjutnya sebelum menambahkan Anchor Point.

Opsi Penggabungan Area Path

Disini terdapat empat bentuk penggabungan, masing-masing akan mebuat area yang berbeda jika dua atau lebih path area digabungkan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.
Cara Menggunakan Pen Tool pada Photoshop

No comments:

Post a Comment